Thursday, December 15, 2016

Kecap Manis Dan Masakan

Kecap Manis Dan Masakan
Kecap manis merupakan salah satu pelengkap dalam bahan masakan yang terbuat dari kacang kedelai hitam yang dipadukan dengan gula merah melalui proses fermentasi dalam beberapa waktu yang ditentukan hingga teksturnya mengental dan berwarna hitam pekat. Kecap manis ini sering digunakan sebagai penambah rasa manis dalam berbagai resep masakan seperti seperti ayam bumbu kecap, tumis sayuran, semur daging, dan sebagainya. Selain itu, kecap manis juga dapat dipadukan dengan irisan cabe rawit merah dan dijadikan sebagai sambal cocol untuk menu ayam atau ikan bakar maupun sebagai sambal kecap untuk semangkuk sup hangat.

Selain rasa manis alami kecap yang menyerap hingga ke seluruh bagian masakan, kecap manis juga dapat mempercantik tampilan hasil masakan menjadi lebih sedap saat dipandang mata, dan lebih menggugah selera ditambah dengan aroma khasnya yang manis dan gurih serta lezat saat disantap bersama hasil masakan yang telah dibuat.

Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam ini juga memiliki kandungan nutrisi penting didalamnya seperti asam amino , vitamin A, fosfor, kalsium, dan zat besi. Mengkonsumsi kecap manis dalam takaran yang sesuai dan tidak berlebihan dapat meberikan manfa’at kesehatan, terutama untuk menerunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menambah asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, mengurangi resiko terjadinya kerusakan ginjal dan jantung koroner. Selain itu, kecap juga mempunyai manfa’at lain untuk kecantikan, terutama untuk mengurangi resiko penuaan dini pada kulit wajah.

Karena kecap manis ini merupakan bahan makanan yang diolah melalui proses fermentasi, maka sebaiknya anda memperhatikan cara penyimpanan dan cara mengolah kecap yang baik agar kualitas kecap tetap terjaga dengan baik. Jika anda memiliki kecap manis yang masih dalam keadaan utuh, maka penyimpaan kecap manis yang baik adalah cukup disimpan didalam ruangan bersuhu (bukan lemari pendingin). 

Sedangkan untuk kecap manis yang kemasannya sudah dibuka, maka anda bisa menyimpannya dilemari pendingin agar terhindar dari proses penjamuran yang dapat merusak kecap,baik kandungan nutrisinya, aroma khasnya yang wangi, dan citarasa dari berbagai resep masakan yang dilengkapi dengan kecap manis sebagai penyedap rasa manisnya.

Saat ini, PT NICI (Nestle Indofood Citarasa Indonesia) telah hadir bersama Kecap Indofood sebagai bahan pelengkap pada setiap masakan yang anda olah terutama untuk menambah rasa manis dan gurih dari hasil olahan kecap yang terbuat dari bahan alami pilihan dan berkualitas tinggi.

No comments:

Post a Comment