Monday, March 20, 2017

Tahap Perkembangan Janin Dalam Rahim Trimester Pertama

perkembangan janin dalam rahim
Masa kehamilan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian ibu yang mana hal tersebut merupakan momen yang paling berharga dalam keluarga sebagai proses menuju keluarga yang bahagia dengan akan kedatangan si buah hati. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kehamilan agar selalu sehat serta perkembangan Janin dalam Rahim selalu terjaga dari waktu ke waktu. 

Untuk menjaga perkembangan Janin dalam Rahim ada baiknya menjalani pola hidup yang sehat baik dari lingkungan keluarga, pola makan, serta istirahat yang cukup, karena seorang ibu yang sedang mengandung biasanya sangat rawan dan beresiko oleh sebab itu wanita hamil harus banyak istirahat, tunda pekerjaan yang akan mengganggu masa kehamilan Anda, misalnya aktivitas dapur, atau pekerjaan berat lainnya. Untuk dapat mengetahui perkembangan Janin Anda, berikut tahap perkembangan Janin dalam Rahim meliputi trimester pertama antara 1-3 bulan.

Trimester Pertama
Sejak usia kandungan 1-4 minggu merupakan prose
s perkembangan fase bulan pertama kehamilan, yang mana dalam hal ini terjadi pembentukan kantung ketuban sebagai tempat tumbuhnya embrio serta pembentukan plasenta di bulan pertama hingga usia kandungan 5-6 minggu. Sementara itu, dalam kandungan ibu Janin masih berbentuk sebesar kacang dengan lingkaran hitam besar di bagian wajah yang nantinya akan menjadi sepasang mata bayi Anda.

Selanjutnya masuk bulan kedua, yang mana dalam hal ini bayi atau Janin tumbuh kembang dalam kandungan dan sudah mulai terlihat terutama pada bagian wajah jika dilakukan USG. Dua lipatan kecil di sisi wajah yang nantinya akan menjadi telinga mulai terbentuk pada Janin. Selain itu, perkembangannya pun dimulai ada tonjolan kecil di tubuh Janin yang akan tumbuh menjadi kaki dan tangan. Organ dalam berupa saluran pencernaan serta sistem sensor mulai berkembang.

Selanjutnya di akhir trimester pertama, yaitu ketika bulan ke tiga masuk maka kehamilan perkembangan Janin dalam kandungan sudah terbentuk dengan lebih sempurna dan memiliki wajah beserta organ gerak yang lebih nyata. Di trimester pertama, Janin biasanya mencapai panjang 7,6 hingga 10 cm dengan berat sekitar 1 ons.

Itulah perkembangan Janin dalam Rahim sejak minggu pertama hingga usia kandungan 3 bulan. Penting menjaga kesehatan serta pola hidup yang baik agar Janin berkembang dengan baik di trimester pertama ini.

No comments:

Post a Comment