Monday, June 19, 2017

Tips Membuat Anak Bisa Membaca Sejak Dini

Tips Membuat Anak Bisa Membaca Sejak Dini

Orangtua mana yang tidak senang mengetahui anaknya pandai membaca di usia dini atau sekitar 4 tahun, bahkan saat ia belum masuk sekolah TK atau Paud. Namun kemampuan tersebut tentu tidak datang begitu saja, tanpa pengarahan serta proses belajar membaca yang anda terapkan sejak Ia masih kecil. 

Di mana orangtua memang wajib mengenalkan dan mengajari anaknya terhadap sesuatu hal yang belum dimengertinya sejak Ia masih kecil atau belum memasuki usia sekolah. Hal tersebut akan memberikan manfaat yang berarti baginya dalam kehidupan selanjutnya baik saat mulai bersekolah maupun saat Ia beranjak besar, bahkan hal tersebut juga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

Meskipun memang tidak mudah mengajari anak membaca pada usia di mana mereka masih senang bermain dengan kehidupan dan cara serta imajinasi yang dimilikinya, maka dari itu tips berikut ini semoga dapat membantu agar anak dapat membaca sejak usia dini.

1. Selalu ajak anak bicara, walaupun mereka belum dapat merespon perkataan anda dengan baik dan sempurna agar anda dengan mudah membuatnya mengucapkan sebuah huruf, mengeja dan membaca kalimat saat mengajarinya membaca.

2. Setiap kali anda melakukan sesuatu hal misalnya mengajaknya belajar membaca, anda dapat menjelaskan alasan kenapa harus belajar sejak dini. Selain itu, terapkan cara belajar yang bebas tanpa ikatan, variatif dan tidak mengikat waktu anak.

3. Pilih cara belajar yang berbeda – beda setiap harinya, agar si kecil tidak mudah bosan untuk belajar keesokan harinya. Pola atau media belajar yang berbeda – beda dapat membuatnya semakin penasaran untuk belajar lagi dan lagi esok harinya.

4. Jangan selalu menganggap remeh kemampuan anak hingga anda terus saja memberikannya kata – kata yang sederhana, anda harus memberikannya variasi kata – kata hingga kata yang rumit agar Ia mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi.

5. Cobalah metode dengan cara bernyanyi, karena anak – anak paling suka menyanyi. Anda dapat mengenalkan huruf dan kata – kata melalui nyanyian khas anak –anak.

Itulah tips yang dapat anda coba lakukan saat anak belajar membaca, agar Ia lebih bersemangat saat belajar, anda dapat membuatkannya minuman hangat seperti susu Dancow hangat dengan rasa yang disukai oleh anak – anak.

No comments:

Post a Comment