Friday, May 11, 2018

Bahayakah Menggunakan Oli Motor Matic Biasa

Oli Motor Matic terbaik

Bahayakah menggunakan motor matic dengan oli biasa? Anda pasti bertanya-tanya kan selama ini mengapa anda selalu dianjurkan untuk menggunakan Oli Motor Matic terbaik untuk motor kendaraan kesayangan anda dan sebaiknya menggunakan oli biasa untuk motor manual anda. Karena dari jenis motor yang berbeda tentunya oli yang digunakan pun juga berbeda sehingga anda harus memperhatikan penggunaan oli yang sesuai untuk jenis motor anda.

Berikut ini adalah jenis-jenis oli yang wajib anda ketahui, dan fungsinya terhadap motor anda.
JASO (Japanese Automotive Standards Organization) merupakan lembaga yang standarisasi yang menguji kelayakan oli yang dijual di pasar Indonesia apakah layak bagi motor yang mereka keluarkan. Hal ini karena sebagian besar motor yang dikeluarkan di Indonesia merupakan hasil produksi Jepang.

Oli Motor Matic terbaik

JASO kemudian membagi oli mesin sepeda motor menjadi dua bagian yakni:

1. JASO MA merupakan oli mesin yang dikhususkan untuk sepeda motor dengan transmisi manual. Sehingga oli dengan kode JASO MA lebih cocok digunakan untuk motor manual yang masih menggunakan kopling basah untuk pengoprasiannya. JASO MA diciptakan dengan menggunakan senyawa yang memiliki fungsi untung mencegah kopling selip di motor yang masih menggunakan pengoprasian kopling basah.

2. JASO MB merupakan oli mesin yang dikhususkan untuk sepeda motor dengan transmisi otomatis. Sehingga oli ini sangat cocok digunakan untuk motor matic yang menggunakan kopling kering. Oli JASO MB diciptakan untuk dapat mencegah gesekan yang berlebih pada mesin motor yang menggunakan kopling kering seperti motor matik.

Sudah tahu kan jenis oli yang ada di Indonesia serta penjelasan fungsinya. Lalu adakah bahayanya jika menggunakan oli motor biasa untuk motor matic anda. Oli Motor Matic terbaik haruslah memiliki kemampuan untuk mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin. Hal ini dikarenakan mesin pada masih menggunakan kopling basah.

Sementara oli untuk motor manual memiliki fungsi yang dapat mengurangi resiko selip pada mesih yang menggunakan kopling basah.
Sehingga coba bayangkan jika Oli Motor Matic terbaik yang fungsinya mengurangi gesekan pada mesin diganti dengan oli biasa, tentu saja ini akan berakibat buruk pada performa motor karena dapat merusaknya.

No comments:

Post a Comment